Sabtu, 29 Juni 2013

Sekilas Tentang Olahraga Futsal
Olahraga sepak bola futsal memang saat ini banyak digemari berbagai kalangan. Selain simple dan didalam ruangan yang tertutup. Olahraga Futsal juga menjadi alternatif untuk bermain bola di daerah perkotaan yang sudah tidak ada tempat untuk bermain sepak bola.
Menurut FIFA sejarah FUTSAL pertama kali muncul pada tahun 1930 bertepatan piala dunia oertama di uruguay. Dalam bahasa spanyol FUTSAL yaitu Fotboll (Sepak Bola)dan SALE (Ruangan), jika digabungkan artinya menjadi Sepak Bola Dalam Ruangan.
Sedangkan Futsal di indonesia sendiri mulai masuk sekitar tahun 1998-1999 dan mulai dikenal oleh masyarakat pada tahun 2000-an. Walaupun Futsal terlihat mudah dan simpel ada beberapa cara agar anda bisa bermain Futsal dengan baik dan benar:
Lakukan Pemanasan
Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum anda mulai melakukan olahraga futsal. Tujuannya agar agar otot-otot anda yang kaku siap untuk melakukan tendangan dan berlari mengelilingi lapangn. Dalam melakukan pemanasan cukup lakukan 5-7 menit saja, karena jika terlalu lama anda akan merasa capek dulu sebelum melakukan futsal.
Melakukan Tendangan dan Kontrol Bola
Dalam menendang bola futsal lakukan dengan ujung kaki/jari-jari , maka tendangan anda akan lebih keras dan kencang. Selain itu anda juga memanfaatkan sol pada sepatu untuk menendang dengan kaki bagian dalam, luar dan juga telapak kaki sebelah depan. Jadi anda harus mencoba berlatih dan menguasai setiap tendangan agar bisa menginatrol bola dalam permainan futsal
Melakukan Passing/Mengoper Bola
Untuk mengoper bola dalam akurasi yang baik gunakan kaki dalam dengan arah mendatar. Ini juga bisa dilakukan untuk umpan panjang.
Minum Air Secukupnya
Minum air terlalu banyak saat anda melakukan futsal dapat mengakiatkan badan anda cepat drop. Terlebih jika anda minum air yang dingin. Jika memang anda merasa haus minumlah air secukupnya saja jangan menuruti nafsu agar bisa bermain lebih lama di lapangan.
Jangan Terlibat Kontak Fisik
Ini perlu dihindari dalam sepak bola futsal yang terlihat mudah, tapi sama halnya dengan sepak bola diluar ruangan. Jika terjadi kontak fisik yang serius akan menjadi pelanggaran yang berat apalagi sampai cedera.
Bermain Tempo Cepat
Poin terakhit Tips dalam Bermain Futsal yang perlu dilakukan bermainlah dengan tempo yang cepat jangan terlalu berlama-lama dalam mengiringi bola. Setelah bola selesai dioper langsung cari posisi yang tepat untuk siap menerima umpan kembali nantinya.
Selain mengetahui Cara Bermain dengan Baik dan Benar hal yang perlu diperhatikan adalah sepatu khusus untuk olahraga futsal. Ini juga menjadi peluang bisnis tersendiri dengan adanya olahraga futsal, banyak pula yang menjual sepatu futsal dan aksessorisnya. Karena rumput yang digunakan pada lapangan futsal terutama di indonesia kebanyakan menggunakan rumput sintetis (rumput palsu) maka anda harus memilih sepatu ynag cocok untuk itu. Ada pula lapangan dengan karpet karet dan juga lantai semen biasa.
Dalam memilih sepatu untuk futsal ada beberapa Poin yang perlu di perhatikan agar mendapatkan sepatu yang sesuai dan bagus sesuai selera.
Bahan Sepatu yang Digunakan
  • Bahan Kulit: Bahan yang bagus untuk membuat sepatu futsal. Kulit yang digunakan umumnya menggunakan kulit kanguru ataupun sapi (tidak sebagus kulit kanguru). Alasannya karena sepatu dengan bahan kulit memiliki kekuatan dan kelenturan yang baik. Jadi tidak heran sepatu dengan bahan kulit asli memiliki harga yang lebih mahal ketimbang yang lainnya.
  • Bahan Kain: Sepatu berbahan kain biasanya digunakan pada sepatu futsal jenis Sala dan dimiliki beberapa merek saja, Jika anda ingin sepatu futsal yang bisa menyerap keringat sepatu berbahan kain ini bsa anda jadikan pilihan agar kaki tidak terasa panas memakainya.
  • Bahan Imitasi: Dibandingkan dengan yang lainnya sepatu dengan futsal berbahan imitasi cenderung lebih kaku dan kurang tahan lama.
Bagian Sepatu yang Perlu Diperhatikan
  • Bagian depan septu perlu diperhatikan karena bagian ini paling sering digunakan untuk menendang bola.
  • Bagian atas sepatu pastikan tidak ada tonjolan yang bisa mengganggu saat anda bermain.
  • Pelapis sepatu ada yang menggunakan kain ataupun busa pilih saja yang nyaman untuk anda pakai.
  • Pastikan lubang tali sepatu tidak mengganggu kenyamanan anda.
  • Pilih bagian belakang sepatu yang kaku sehingga kuat untuk menompang tumit kaki anda, dan juga pada bagian solnya pilih yang empuk. Jika terpaksa memilih menggunaan yang imitasi pilih sol sepatu yang agak lembutdan lentur.
  • Perhatikan jahitan pada sepatu dan sol serta lemnya apa benar-benar kuat.
  • Jika biasa menggunaan lapangan dengan rumput sintetis (rumput palsu) Pilih sepatu futsal yang memiliki tonjolan atau PUL pada bagian bawah sol sepatu.
Itulah beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan dalam memilih sepatu futsal.
Usahakan pada saat bola "out" atau keluar anda bukan melahkuhkan trow in tetapi menendang bola di garis pinggir dan dengan diikuti kedua kaki di luar garis, sebab aturan futsal yang benar tidak di sah kan bila kiata melahkuhkan in ball kaki ada di garis,diluar garis dsb, pelanggaran namanya sob.... kartu kuning kuik !
saat kita kebobolan, mesti kita melahkuhkan oper di tengah, nah yg perlu diperhatikan :
1 kita ga oleh langsung tendang ke gawang, kalau ada pemain futsal langsung menendang ke arah gawang lawan jenenge NDESO !!!
2 kita harus oper atau double dan dengan cara menendang bola keluar dari garis lawan. nah itu baru sah, 
iitsss tunggu dulu ada lagi  sob. tunggu peluit dari wasit dlu sebelum melahkuhkan tendangan, tapi kalau ada wasitnya sih ahehehehehe. semoga berguna sob infonya.
 

0 komentar:

Posting Komentar